Monday, September 17, 2012

Success? No Excuse




Success? No Excuse!

Kemarin, di tengah riuhnya The Voice di Channel AXN, saya berkesempatan bolak-balik ke saluran Starworld untuk menyaksikan MasterChef USA yang memasuki season ke-3. Salah seorang yang kulihat penampilannya dalam memasak adalah Christine Ha, asal Vietnam. Christine, dengan Bahasa Inggris yang sempurna - kupikir dia dari lahir sudah di Amrik sana, memasak dengan mahir walaupun dia tidak sempurna penglihatannya. Sepuluh tahun lalu, dia didiagnosa suatu penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuhnya (auto immune system) dan dia secara perlahan tapi pasti kehilangan indera penglihatannya.

Begitu terharunya para juri, terlihat Joe pun meneteskan air mata. Masakannya berupa Vietnamese hotpot crayfish membuat dia melaju dan mendapatkan ' white apron' dari Gordon Ramsay.
Aku termenung.
Kondisinya tidak mudah, membuat banyak orang akan lari dari kegiatan-kegiatan yang sulit. Tetapi, Christine membuat perbedaan dengan memasak yang luar biasa bahkan masuk dan melaju jauh di MasterChef 3 (sebetulnya karena penasaran, saya sudah googling hasilnya, tetapi saya simpan karena bagi yang ingin tahu dan tetap ingin seru dengan MasterChef 3 yang baru tayang di Starworld, silakan menantikan kelanjutan episodenya).

Christine pun kandidat Master of Fine Arts dengan spesialisasi Creative Writing di University of Houston. dia pun punya beberapa blog sendiri yang di-updatenya secara rutin. Salah satu bertajuk The Blind Cook.

Christine Ha, menumbuhkan semangat saya. Membuat saya malu jika terkadang begitu mudahnya saya putus asa, padahal kondisi jauh lebih beruntung dari dia secara fisik. Sungguh semangat dan ketabahan yang pantas ditiru!

Sukses itu memang bisa datang dan menghampiri siapa saja. Pada mereka  yang bekerja keras, berdoa sungguh dan tidak malas. Kebutaan sekali pun bukanlah dalih untuk mencapai kesuksesan.

Kisah Christine Ha hari ini mencelikkan mata kita sekali lagi. Bahwa hidup bisa membawa kita kepada keadaan yang sungguh di luar kendali dan tak terelakkan. Namun, tangan dan kasih Tuhan tak kurang panjang bagi mereka yang tak henti mencoba, pantang menyerah, memberikan yang terbaik dan berserah dalam doa.

Christine Ha sungguh inspirasional. Bagaimana dengan kita yang sempurna panca indera? Jangan sampai kita menyerah kalah dalam hidup. Semasa masih ada nafas kehidupan yang diberikan-Nya, masih ada kesempatan untuk memberikan yang terbaik dan mencapai impian terdalam yang dia letakkan di dalam hati kita dan yang tak pernah pergi dari pikiran kita. Bersama Tuhan kita bisa lakukan apa saja!

Singapore, 17 September 2012
-fon-


4 comments:

  1. Love it - very inspiring. Remind me of those who easily "surrender" to their disability instead of the finding the hidden "abilities" which are given by HIM.
    "Two sparrows are sold for a penny, aren't they? Yet not one of them will fall to the ground without your Father's permission". Remember ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Go Blog,
      thanks for your comment and thanks for dropping by to my blog:)
      Yup, of course it's very true... God will take care each of us.
      Ma kasih sekali lagi. Have a nice day!

      Delete
  2. Replies
    1. @trica putri: yuk, mari mamam... apalagi kalo yang masakin jagonya MasterChef xixixi...pastinya menambah selera:)

      Delete