Friday, April 22, 2016

Descendants of The Sun: Don't Wanna Say Good Bye to Big Boss and Beauty


Descendants of The Sun: Don't Wanna Say Good Bye to  Big Boss and Beauty


Move over, Professor Do Min Joon.
K-drama fans around the world have a new love and he, unlike Prof Do, is no alien from another star. Rather, he is the very human and very hot Captain Yoo Si Jin from the South Korean army, Planet Earth.
Since Descendants Of The Sun - a Korean romance starring Song Joong Ki as Captain Yoo and Song Hye Kyo as the doctor he is wooing - premiered in South Korea, China, Singapore, the United States, Britain, Saudi Arabia and elsewhere last month, it has been fast displacing the 2013 hit drama My Love From The Star in viewers' affections. Descendants has a total of 16 episodes.( The Sunday Times, 20th March 2016)

Okay, okay... Finally, I got the time and chance to write this down. 
I should've written it earlier though because last week was the last episode. 
Udah ah ngomong English terus, capek hihi... 
Soalnya baca tulisan-tulisan online tentang K-Drama yang ngehits ini dan kekinian banget semuanya dalam Bahasa Inggris. 
Eniwei, seharusnya mau nulis minggu lalu, tapi mau bener-bener adil dengan penilaian. Jadi, masih nunggu 3 episodes special edition. Sempat kehilangan mood di 2 episode terakhir yang ternyata turned out to be not-too-special karena isinya cuma cuplikan dan potongan dari episode-episode sebelumya. Nothing much, nothing new. Rasanya nyesel juga, kenapaaaa gak ditulis pas mood lagi kenceng banget biar hasilnya lebih maksimal geto lho... Biarpun terbiasa juga nulis dengan deadline, tapi dengan adanya mood pasti lebih top markotop. Untungnya mood kembali kuat setelah melihat BTS- Behind the Scenesnya di episode 19 sambil ngedengerin lagu You're My Everything yang merupakan sontrek dari Gummy yang kece badai lah pokoknya hihi...


Let's get down to the business. Penghargaan setinggi-tingginya buat scriptwriters di K-Drama ini. Kim Eun-Sook dan Kim Won-Suk. Terutama, Kim Eun-Sook yang memang jago mengolah drama-drama berkelas, dilihat dari track recordnya... Yang paling menonjol adalah The Inheritors (The Heirs), Gentleman's Dignity, and of course Secret Garden yang sangat berkesan buat saya pribadi yang terkadang mengulang momen-momen Hyun Bin dan Ha Ji Won di drama tersebut. Juga tak melupakan Sang Sutradara yang okeh punya, especially di pengarahan-pengarahan yang dia berikan dan nyata banget berperan buat kesuksesan serial ini  yaitu Lee Eung-Bok.



As unthinkable as it might sound to legions of swooning fans of Descendants Of The Sun across Asia, Captain Yoo Si Jin did not exist in an early screenplay for the K-romance, and actor Song Joong Ki was not the top candidate for the role of the dashing soldier.
In fact, the biggest success story in South Korean entertainment this year is also an extremely unlikely one: What were the chances of a film company going into television production for the first time with a 13 billion won (S$15 million) pre-produced drama, and getting everything right?


Not good, to say the least. "Everyone said we were crazy," said Mr Kim Woo Taek, chief executive of New Entertainment World, in an interview with JoongAng Ilbo, which was published last Friday. "But based on our confidence in the story's content, we started planning," he told the Korean daily.
Crucially, screenwriter Kim Eun Sook - the creator of successful K-dramas including The Inheritors (2013), Secret Garden (2010) and Lovers In Paris (2004) - was then brought on board to rework writer Kim Won Suk's script. She beefed up the love story by introducing romantic military characters including Captain Yoo (Song), who pursues a surgeon (actress Song Hye Kyo) in between dangerous missions.
"Kim Won Suk's original screenplay tells the story of doctors who are active at disaster sites," Mr Kim Woo Taek told JoongAng Ilbo. "After we became responsible for the production, screenwriter Kim Eun Sook did a rewrite and increased the love plot. She added military characters, overseas disasters and other elements to flesh out the story. When I read the script till episode four, it seemed good."

Kim Eun-Sook dengan tangan dinginnya, memasukkan tokoh Captain Yoo Si Jin yang terlibat hubungan asmara dengan dokter Kang Mo Yoen. Satu lagi yang menarik, Song Joong Ki bukanlah kandidat utama untuk Yoo Si Jin. Ada beberapa aktor yang menolak peranan ini yaitu Won Bin, Jo In Sung, Gong Yoo, and last but not least Kim Woo Bin. Drama ini mengedepankan idealisme dan patritiosme. Idealisme karena memang sesuai profesinya, mereka punya sumpah jabatan... Dokter yang harus menolong di atas kepentingan SARA dan mengutamakan keselamatan pasiennya di atas segala... Dan prajurit yang demikian setia memperjuangkan perdamaian lewat special force-nya...
That's interesting, moreover that's wonderful!
Jujur saya bukan orang yang selalu nonton segala K-Drama. Banyak kali, saya termasuk pemilih dan melihat review orang-orang di website, juga terkadang rekomendasi teman atau suami saya yang juga sering nonton hehehe...

Tercatat hanya beberapa yang saya tonton, namun sangat saya seriusi. Salah satunya adalah My Love From Another Star. My Love dibandingkan dengan Descendants of the Sun (DoTS) karena rating.... DoTS juga sampai di-warning oleh pemerintah Cina karena keranjingan yang terlalu, ditonton juga di seluruh dunia melalui media internet sekitar 3 billion views yaitu 3 milyar pemirsa... Oh, My God!
Banyak aktor yang menolak karena cukup skeptical dengan Drama yang ditayangkan after production. Post production bukan tipe drama Korea pada umumnya. Karena biasanya naskah ditulis di tiap minggu berdasarkan rating dan bisa berubah sesuai ratingnya. Dan Drama ini menuntut komitmen para pemainnya karena banyak shooting dilakukan di Greece (Yunani) yang menjadi negara tempat Big Boss dan Beauty (nickname dari Yoo Si Jin dan Kang Mo Yoen) bertemu kembali -yaitu Urk. Total waktu penyelesaian segala episode ini yaitu 258 hari lamanya. Waktu yang panjang, namun terbayarkan dengan hasil yang luar biasa atas drama ini.

Rating seolah adalah patokan satu-satunya. Of course memang rating sungguh penting. Dan average rating di atas 30% memang membuktikan bahwa memang film ini sungguh ditunggu-tunggu. Jika saya melihatnya adalah kemampuan script writer yang baik, memadukan faktor-faktor cinta dan kemanusiaan. Sesuatu yang Maha Agung, yang melewati batasan-batasan SARA. Juga, para pemain Song Joong Ki, Song Hye Kyo, dan para pemeran pendukung lainnya telah berusaha dengan maksimal dan berhasil baik. Bahkan Song Joong Ki dinyatakan memiliki 'electrifying gaze' yang memikat kaum hawa sejak episode pertama.
Harus saya akui, episode pertama sampai ke-3 atau ke-4 memang memegang peranan penting. Saya merasa agak bosan di episode 10 karena sudah menebak bahwa Kang Mo Yoen akan diculik oleh Argus yang merupakan panutan Capt. Yoo Si Jin sebelumnya. 

Adegan favorit saya tetap episode 9, saat Kang Mo Yoen melakukan confession atas perasaannya pada Yoo Si Jin


Jika dibandingkan secara script, naskah, saya tetap memilih My Love from Another Star meskipun itu sangat tidak real. Saya melihatnya sebagai suatu kreativitas yang luar biasa dari penulis untuk bisa membawa 'alien' ke dunia, serta membawanya dari era Joseon Dynasty sampai ke masa kini. Untuk itu, saya memberikan jempol sepuluh secara kreativitas. Namun, Descendants of the Suns memenangkan hati banyak fans karena kisah cinta yang terjalin membuat pasangan dr. Kang dan Capt. Yoo Si Jin mampu mengatasi persoalan demi persoalan yang akhirnya berakhir dengan happy ending.
Script writer Kim Eun-Sook sangat berhati-hati dengan ending karena mengingat di awal-awal debutnya sebagai penulis naskah, dia pernah membuat ending yang seolah mengambang dan membuat para pemirsahhh cukup marah-marah kepadanya:)

Harus diakui, ending DoTS juga tidaklah sesuai ekspektasi. Saya pribadi sudah menganggap drama ini berakhir di episode 15 saat Capt. Yoo Si Jin kembali dengan selamat. Sisanya di episode 16 hanyalah kekonyolan dengan menghadirkan Red Velvet- penyanyi K Pop dan beberapa adegan yang tidak terlalu penting, kecuali mungkin-kembalinya Capt. Yoo Si Jin dan dr Kang ke Urk, ke tempat kapal yang dikatakan sebagai 'bewitched' - terpesona.

Apa pun pendapat saya, Anda, atau kita, itu tak lagi mampu memadamkan SJK (Song Joong Ki) fever bagi para fansnya.
Saya pribadi bukan fans SJK seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, namun memang SJK sangat sangat karismatik di drama ini. Seragam membuatnya simpatik, lepas seragam dan menolong dr Kang dalam pakaian serba hitam membuat dia kelihatan romantik-heroik. Dia berani melakukan apa saja, demi wanita yang dia cintai, termasuk membunuh panutannya- Argus.
SJK secara total telah memerankan Yoo Si Jin dengan sempurna. Dia memerankan adegan perkelahian tanpa 'stunt man' sampai dia sendiri terluka. Dia memang baru selesai wamil, jadi memang cucok dengan peranan ini. Dan yang menarik dari wawancaranya dengan KBS, dia sangat humble (rendah hati) dan low profile. Selalu suka dengan orang-orang ngetop yang tetap membumi, tetap down to earth, sangat sadar bahwa ini semua hanyalah sementara.
SJK juga sangat pintar, ini kata tetangga saya yang orang Korea (biasanya kendala bahasa sama doski, tapi sekarang sejak ngobrolin DoTS, kami bisa bicara panjang lebar hihihi). Nilai SMA-nya A semua dan SJK bisa masuk universitas papan atas di Korea sana.

Song Hye Kyo memiliki wajah cantik dan akting yang cukup mengharukan saat-saat menangis kehilangan Capt. Yoo Si Jin, cukup emosional. Saya tidak banyak membahas soal Song Hye Kyo karena memang dia sudah terkenal sebelum ini dan wajah cantiknya sudah sangat banyak dikenal masyarakat...

Intinya, walaupun tidak puas dengan endingnya yang happy ending.... Masih tetap senang dengan rutinitas menonton serial ini di tiap Kamis dan Jumat via channel Viu di Singapura dengan subtitle English tentunya. Menonton hal-hal yang bermutu membuat diri juga terhibur dan menghargai nilai kebaikan yang ditampilkan. Bagi saya pribadi, saya juga sering termotivasi untuk menulis setelah menonton film atau drama yang bagus. Sementara banyak wanita berkhayal agar Song Joong Ki atau tepatnya Capt. Yoo Si Jin jadi pacar mereka, saya tetap puas melihatnya sebagai aktor yang sukses dan pemuda yang simpatik serta low profile.

Even it's sooo hard, now it's time to say good bye to Big Boss and Beauty...
Ini review pertama saya tentang drama Korea, sebelumnya ada drama Taiwan ToGetHer yang saya review - long long time ago... Terkadang, kalau bosan, saya juga nonton drama Cina, Taiwan, dan Singapura... Turki ajah yang belum hihihi....

Next time mungkin saya cerita soal Lee Min Ho sebagai orang yang cukup krusial dengan hobby menonton drama ini... Cowok-cowok Korea bolehlaaa, biarpun plastic surgery, kulit halus-mulus, asal jangan kebanyakan lipsick atawa lipgloss... Jadi pusingggg! hahahaha....

Have a good weekend.
23.04.2016
fon@sg
*sontreknya masih mendayu-dayu di telinga... Menulis sambil nyanyi, " You are my everythinggg..." :)

No comments:

Post a Comment