Tuesday, July 13, 2010

Keriting? Ya, Rebonding…


Tuti Kriwil gelisah. Wajahnya merah padam menahan resah. Dia tengah berduka atas tumpukan rambut yang berjuntai di kepalanya. Tidak indah, sungguh jelek di matanya. Dia lalu memiliki rencana, ya itu dia! Rebonding saja. Lagian, apa susahnya? Zaman sekarang teknologi sudah ada, tinggal tabung uang secukupnya, jadilah sudah.

Dilangkahkan kakinya menuju salon tercinta. Sudah sejak lama dia dirayu pemiliknya untuk merelakan miliknya yang paling berharga. Rambut kriwilnya. Keriting tak beraturannya. Mengembang tak pas di wajahnya. Tunggu waktunya, kempeskan saja!

Proses berlangsung cukup lama. Tuti Kriwil memandangi rambutnya yang bak seorang roker ternama zaman baheula. Ya, dia rela. Meluruskan yang keriting. Dengan rebonding. Mungkin itu juga teknik marketing… Pemilik salon tak cuma mengandalkan cuci, creambath, dan gunting. Karena dengan rebonding, pastinya harganya bisa bikin dia ajojing. Sedangkan bagi Tuti Kriwil, yang penting berani tampil dan jangan sampai bikin orang ilfil.

Rebonding atau smoothing. Beberapa teknik meluruskan yang bengkok. Ujung-ujung rambutnya yang tak lagi elok. Bikin hati dia sendiri keok. Sesudah jadi, Tuti Kriwil langsung berseri. Cihui! Dia cantik sekali.

Meluruskan yang keriting, Tuti Kriwil jadi tahan banting. Duduk diam empat jam lamanya, bikin sakit pundak, leher, dan pinggangnya. Tak mengapa, asalkan wajah manis di depan cermin jadi terpampang nyata.

Tuti Kriwil manggut-manggut. Wajahnya tak lagi merengut. Meluruskan yang bengkok memang butuh waktu. Tetapi dia rela lakukan itu.

Tuti Kriwil tersenyum-senyum. Tampangnya kini bak nyonya yang tinggal di kondominium.

Inspirasi singgah dan menyapa ramah. Dalam hidup, Tuti Kriwil selalu juga hadapi permasalahan yang bikin semangat redup. Seringkali bukan hanya rambutnya yang keriting kribo, tetapi hidupnya pun senasib kena permasalahan jumbo. Hidup dan rambut sama-sama keriting, sampai bikin kepala pusing.

Tuti Kriwil pejamkan mata. Sembari komat-kamit berdoa. Mohon berkat Yang Kuasa. Untuk luruskan keriting hidupnya.

Hidupnya dan hidup banyak manusia yang keriting, jelas-jelas perlu rebonding. Pertolongan dari Salon Yang Kuasa. Hanya perlu satu jalan dan kebenaran, biar terbebaskan dari kesesatan.

HCMC, 13 Juli 2010

-fon-

Sumber gambar:
http://www.magazine.ayurvediccure.com/wp-content/uploads/2008/12/curlyhair.jpg

No comments:

Post a Comment