Tuesday, February 2, 2010

Gue


Kenalin, ini lho, GUE.

Lha, koq pake huruf besar?

Iya dong, ‘kan GUE emang yang paling penting dan maha penting.

Yang lain mah, boleh nunggu.

Sesudah gue dapetin semuanya

Baru gue pikirin elo-elo pade.


Tapi kenape ye, kalo gue mikirin diri gue sendiri

Dan hanya berpusat pada diri gue sendiri

Ditambah kenarsisan yang lagi-lagi melulu berpusat di diri gue

Lama-lama gue jadi bosen sendiri.

Dan kadang-kadang, gue jadi sumpek ama diri gue sendiri.
Elo pernah gak kayak gitu?


Tiba-tiba…

Gue ngerasa hidup gue lebih berarti

Kalo gue ngisi hidup ini dengan mikirin orang-orang lain juga.
Ya, mungkin bonyok alias bokap nyokap gue, temen gue,

orang yang gue temuin tiap hari.
Ato mungkin orang yang gak gue kenal

Tapi ternyata mereka punya cerita hidup yang lebih dramatis.
Lebih masuk akal buat ngerasa iba dan kasian dengerin mereka.

Daripada mikirin en ngasihanin diri gue sendiri.


Pas gue mikirin diri gue, berasa banget kalo gue itu tambah lama tambah gak tau terima kasih.

Nih contohnya ye

Waktu jalan kaki rasanya gue lebih mudah bersyukur…

Abis itu…

Dikasih sepeda, penginnya motor.

Dikasih motor, penginnya mobil.

Dikasih mobil, penginnya mobil mewah,

kalo bisa pesawat pribadi.

Ato kapal pesiar pribadi.

Kagak pernah ada abisnya.

Dikasih ati, mintanya jantung.

Kira-kira yaaa, gitu deee


Kadang, gue pikir-pikir, kalo begini mulu

Kapan abisnye ye?

Akhirnya, gue milih mikirin kehidupan yang lebih berharga buat dipikirin.

Buat mereka yang gak bisa jalan karena kekurangan fisik,

gue masih bisa, sogue trima kasih ama Tuhan.
Buat mereka yang gak bisa makan, skul, ato terpaksa musti tidur di emperan,

gue lebih beruntung dan musti belajar nyumbang buat mereka yang berkekurangan.

Gue yang punya bokap-nyokap tapi sering berantem dan gak bisa menghargai mereka,

harusnya belajar lebih ngertiin mereka karena banyak anak lain yang yatim-piatu

yang dari lahir tinggal di panti asuhan, gak pernah ngeliat muka ortunya sama sekali.

Gue yang bisa ngeliat indahnya dunia ato mungkin bobroknya dunia,

masih lebih beruntung dari mereka yang gak punya kesempatan untuk itu,

karena mereka buta.


Gue dan gue.

Kalo aja dunia ini hanya berputar di sekitar gue,

a.k.a ‘I’m the center of the universe’

akan jadi males banget ya lama-lama.

Mbosenin banget gak seh mikirin diri sendiri mulu?

Tanpa mau mikirin orang laen

Emangnya gak punya tetangga?
Emangnya gak ngeliat mereka yang lebih susah?
Emangnya orang lain hidupnya baek-baek mulu?


Ah, gue..gue….

Kapan gue belajarnya kalo gue cuman mikirin diri ini mulu?

gue… gue…(huruf kecil aja ya, karena udah gak berasa sepenting tadi).
Semakin gue mikirin orang lain dan ngecilin ego plus diri gue ini,

rasanya hidup ini makin berarti.

gue… gue…

Sumpeh, rasanya lega banget kalo udah begini!


Mulai sekarang, gue bakalan lebih banyak mikirin elo-elo pade.

Mulai sekarang, gue bakalan lebih banyak mikirin hidup dan kehidupan itu sendiri.

Mulai sekarang, gue bakalan lebih berterima kasih atas apa yang gue punya.

Daripada komplen mulu.

Gue mau belajar lebih baik.

Gue mau hidup gue lebih berarti.
’And that means’…

Gak melulu seputar gue

Ngeliat yang menderita, dibantu sebisanya.

Jadi pendengar yang baik kalo orang curhat,

Ngasih senyum lebih sering,

Ketawa lebih sering asal gak ketawa-ketiwi sendiri.

Ntar disangka ada ‘something wrong’ lagi.

Keluar dari diri gue en nyoba liat hidup orang lain.


Untung masih ada waktu buat nyadarin gue.

Karena ternyata hidup itu lebih berarti karena ada gue, elo, dan mereka.

Gue ulang ye

Mereka, elo-elo pade, dan gue (karena gue bukan yang paling penting lagi).

Gue yang terakhir aja, ah!

Karena selama ini udah mentingin gue mulu dan dah belajar,

kalo hidup itu banyak pemeran lainnya lho, bukan cuman film-nya gue ajaaa.

‘Of course’ gue musti sayang ama diri gue sendiri, tapi kalo sayang itu berarti gue gak peduli ama orang lain dan nganggep diri gue orang paling pantes dikasihanin di seluruh dunia….

Wah, nggak banget deh

Kesian deh gue kalo gitu….


gue… gue…

Udah belajar belum elo hari ini?
gue (mudah-mudahan) udahhh!


HCMC, 2 Februari 2010

-fon-

* sekali-kali bahasa prokemnya keluar… Melanggar EYD dahhh….Sekali-kali, gak pa-pa ye….:) Maapin gue kalo ada saleh-saleh kate hehe… Yang penting biar gak mikirin diri sendiri melulu dan mensyukuri apa yang ada, plus melihat sesama di sekitar kita yang kekurangan dan menderita.


sumber gambar:

No comments:

Post a Comment