Wednesday, January 3, 2007

Tanya yang Tak Kunjung Usai

Dear all...
Have you ever wondered, begitu banyak tanya yang tak kunjung usai dalam hidup kita ini…? Strange but true, ini adalah interesting fact findings yang bisa kita temukan, bahkan selalu kita temukan dalam kehidupan sehari-hari…
Sejak kecil, orang di sekitar kita selalu bertanya, mungkin diri kita sendiri bertanya, then … what’s next??
- Setelah lulus SD, SMP nya ke mana?
- Setelah SMP, SMU nya ke mana?
- Setelah itu kuliahnya di Universitas mana, jurusan apa…?
- Udah lulus, then kerja apa?
- Udah kerja, ditanyain lagi udah punya pacar belum? Kalo belum, ditanyain deh pasti, kenapa sih belum punya pacar juga??
- Kalo udah punya pacar, sekian tahun pacaran, ditanyain kapan neh married? Kalo belum married, pasti ditanyain kenapa sih nggak married2, masa’ maunya pacaran melulu??
- Abis married, ditanya lagi kapan neh punya anak? Kenapa koq blm ‘isi’ juga?
- Udah punya anak satu, cewek misalnya, kapan neh mau nambah anak ke-2, kalo bisa anak cowok mungkin, biar jadinya sepasang…?
- Terus next n next n next questions yang nggak pernah kelar-kelarrr deh rasanya keep bugging us…

Mungkin pada saat kita ditanyain hal itu, karena hal itu cukup sensi, misalnya… “Koq kamu nggak married-married sih sampe sekarang? Mungkin kamu terlalu pemilih kali…Udah lah terima aja apa adanya…Yang dateng kamu harus lihat donk, jangan dicuekin aja….”
Atau yang udah punya anak satu, ditanyain terus sama sekitar, “ Kapan neh nambah lagi?? Nanti kalo kejauhan anak ke-1 and ke-2, susah lho…”

Actually, mungkin orang-orang try be friendly dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan itu. Cuma kadang-kadang terlalu over deh, yah kalo ditanyain terus-menerus, dari tenang-tenang aja, hasilnya bisa-bisa tambah lama tambah kekhi…

Jujur aja, mungkin ada di antara kita yang jadinya be te dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Mungkin pengen dehhh menyumbat mulut si penanya and bilang, “ Please deh, diem bisa gak sehhh?? Lagian kan ini hidup gue… Kayak hidup elo udah beres ajeeee… Lagian gue kan nggak nyusahin elo juga kann??”
Yah, pada saat tengah down banget mungkin aja pengen teriak ke si penanya tersebut. Mungkin satu sisi si penanya juga care n concern alias peduli sama kondisi kita.

Pada akhirnya, tergantung reaksi diri kita aja sih sebetulnya. Kalo kita bisa ‘cool’ alias tenang aje, sih bagus2 aja lah yaw… Mungkin akhirnya si penanya bisa mundur teratur… But, ada berapa orang yang emang super gigih, maju terus pantang mundur menanyakan hal yang sama terus menerus, atau bahkan cenderung kata-katanya bikin sakit ati juga, misalnya dengan bilang, “Eh, mungkin kamu harus beli buku or ikutan acara kontak jodoh di SCTV deh… Atau gimana kalo kamu aku masukin ke Koran KOMPAS dengan foto di rubrik jodoh juga? Abis kayaknya kamu susah banget dehhh dapetin satu orang aja…”

Tapi Tuhan tau yang terbaik sih, kapan seseorang itu siap, bakal dikasih deh sama DIA kalo itu seturut kehendakNYA. Pertanyaan yang tak kunjung usai yang selalu bermunculan di dalam hidup kita itu, hendaknya kita sikapi dengan ‘cool’. Tenang aja… tapi emang kadang-kadang, kondisi tertentu bikin kita nggak selalu bisa ‘cool’. Bener, kan ??
Akhirnya, kita tetep sih harus usaha... Misalnya terus menunggu sang jodoh yang tak kunjung tiba, tanpa melakukan apa pun, maksudnya tinggal di rumah, ngerem di kamar selalu, nggak pernah mau sosialisasi, bikin gak dapet2. Maksudnya, tetep berusaha sih sah-sah aja. Masalah dapet or nggak kan urusan ke-2…. Terus lagi, kadang-kadang Tuhan bekerja dengan cara yang ajaib, n gak pernah terpikirkan oleh kita. Misalnya ketemu jodoh pas mobilnya ditabrak. Eh, yang nabrak ok juga malah jadian deh akhirnya. WHO KNOWS?? hehe...(mulai berkhayal ala Hollywood Dream )

Akhirnya, usaha untuk terus be cool, tapi juga tetep menjalankan jalan yang seharusnya dikerjakan itu mungkin yang jadi pilihan. Dari sisi kita secara pribadi, mungkin gak usah terlalu ‘kepo’ (read:rese') ngurusin hidup orang, kita sendiri mungkin ada baiknya untuk nggak terlalu mengutak-ngutik kehidupan pribadi orang lain (even susah sih, wong nontonnya aja infotainment terus hehe...tapi usaha donk yah... Effort donk effort... (read: usaha donk usaha hehe, maksa gak sehhh??)). Mendingan ngurus kehidupan kita sendiri dulu ampe lebih mencerminkan kehidupan Kristiani yang baik, daripada ngurusin hidup oranggg melulu sementara hidup sendiri belum bener… Tul gak??
Dan juga nggak lupa mengampuni orang-orang yang tanpa sengaja, krn terlalu pedulinya sama hidup kita, bikin kita terluka dengan statement yang gak enak didenger or dengan kata-kata yang mungkin setajam silet… Mohon rahmat Tuhan, karena kita nggak bakal sanggup to do it all alone, karena cuma dengan rahmat Tuhan dan usaha kita, kita bisa lebih ‘cool’ , lebih penuh kasih dalam menanggapi tanya yang tak kunjung usai yang selalu muncul dalam kehidupan kita dari orang-orang di sekitar kita…

Semoga….

Jkt, 2 Mei 2006.
Try to be cool aje… Even though it’s hard, just try n ask God for His Help to do so…
-fon-

No comments:

Post a Comment