Wednesday, November 18, 2009

Facebook di-‘banned’ di Vietnam


Setelah mendengar bahwa ‘Facebook’ (FB) di-‘banned’ atau dilarang di Cina beberapa waktu yang lalu, hal serupa terjadi pada negara Vietnam. Menyusul Syria dan Iran, Cina dan Vietnam menjadi negara-negara yang dilarang pemerintahnya untuk akses ke Facebook menurut Wikipedia.

Hal ini saya ketahui karena sampai hari ini saya masih belum bisa meng-akses FB dari ‘laptop’ di rumah. Dan karena sudah berhari-hari menunggu, saya ingin tahu kepastian apa yang sebetulnya terjadi. Saya menelpon teknisi dari Viettel, ‘internet provider’ yang mengurusi tidak jalannya ‘internet connection’ di tempat saya beberapa waktu yang lalu. Mr. Ty menginformasikan pada saya bahwa, “ My government deny FB” . Dan itu sudah menjadi satu kelegaan bagi saya walaupun saya kecewa. Setidaknya saya tahu kepastiannya. Di kantor suami saya, kadang masih bisa, kadang tidak. Tapi di tempat saya sama sekali tidak bisa masuk ke FB.

Satu sisi saya kecewa. Jelas, karena saya akan banyak ketinggalan berita, komentar, dan kesempatan untuk memasukkan artikel-artikel saya di bagian notes FB. Itu sudah menjadi kebiasaan saya sehari-hari. Namun, apa mau dikata, saya harus menerima bahwa selama setidaknya dua tahun ke depan, tidak ada FB bagi saya. Tidak ada ‘Farmville’ bagi saya. Hiks…!

Tetapi satu sisi, saya kira dulu pun tanpa FB saya hidup baik-baik saja. Seperti dulu tanpa Handphone, saya juga ok-ok saja. Sekarang ini FB dan HP sudah jadi kebutuhan, tidak bisa tidak. Pasrah menerima, mungkin saya bisa lebih konsentrasi menulis ataupun mengurus rumah dan keluarga.

Meskipun kecewa, tapi tetap percaya bahwa everything happens for a reason. Kalau sekali ini terjadi seperti ini, mungkin Tuhan punya rencana lain buat saya di sini. Bukan Facebook-an melulu…:P

Sekian sekilas info di pagi hari….

HCMC, 19 November 2009

-fon-

* tetap berusaha tegar, tanpa kau di sisiku, Facebook :) Mungkin musti balik ke Friendster yang ternyata gak di-‘banned’….Gak seru banget ye? Nasib, nasib…wkwkwk…

sumber gambar:

http://clubs.ncsu.edu/tappi/facebook_1.jpg


2 comments:

  1. Waduh..ternyata beritanya beneran ya, bu..
    Saya googling FB banned Vietnam, lalu nyankut ke blog ibu ini.

    tadinya saya mo nyebrang kerja ke hcmc, karena udah bosen di phnom penh.
    du du du du...

    terima kasih tulisannya.

    ::i::

    ReplyDelete
  2. Halo 'i', manggilnya apa ya? hehe...
    Oh kamu di Phnom Penh? gak jauh juga dari HCMC ya. Emang nih udah confirm, sekarang malah di tempat yang dulunya bisa, semua gak bisa. Kecuali dengan mobile phone di beberapa tempat msh bisa. Memang masih di-banned sampai hari ini. Apa boleh buat:)

    ReplyDelete