Sunday, March 14, 2010

Jack Neo: Gossip No Enough



The wife of disgraced filmmaker Jack Neo, 50, Mdm Irene Kng has been a sea of calm and forgiveness since news his two-year extramarital affair with a woman less than half his age surfaced over the weekend.

The 46-year-old, who's been married to Neo for 27 years, has four children aged six to 19 with him. Her composed reaction shocked freelance model-actress Wendy Chong, 22, when she went to the couple's Paris Ris semi-detached home last Friday.

Mdm Kng, who knew of the affair a year ago, has expressed that she had already forgiven her straying husband and will continue to support him during the scandal. She added that their family would not be affected by it.

She said that she "did not care who Jack was involved with, as long as she loves him." She became aware of their affair when a family friend spotted the two together.

Neo, Singapore's most commercially successful movie director and producer admitted to his infidelity a day after a Chinese evening daily broke the story last Saturday.

The paper said that Chong, who has a role in Neo's film Being Human currently in cinemas, became enraged that the actor-comedian did not answer her calls last Friday. She went to his home around 3pm and waited for him to return. She told him she wanted to see his wife which he obliged by calling Mdm Kng to come downstairs, surprising Chong.

The three then left to carry on the meeting at Changi Airport's Crowne Plaza hotel which allegedly lasted four hours and were subsequently joined by Chong's father and sister as well as Neo's pastor, church friend and manager.

Neo's family has moved out of their Pasir Ris home temporarily to avoid media attention. He has claimed that he had been unable to end the affair with Chong because she threatened to harm herself.

Chong first knew Neo when she had a small role in his Money No Enough 2. He started wooing her and a month later they had sex in his car, she revealed. During the two years they were seeing each other, she said he brought her overseas on four occasions to Taiwan, Thailand, Indonesia and Malaysia.

The 1.63m tall model's father was shocked by the revelations, and was said to have momentarily thought his daughter alerted the media for fame's sake.

Neo has apologized to Chong's family and sought for "a chance to live." The Cultural Medallion holder had also called his friend, Foreign Minister George Yeo, to confess his transgression.

His manager Tang Wing Fai announced that Jack will meet the media "once and for all" when he has settled the matter and made peace.

(Yahoo News)

Berita yang sudah mulai beredar sekitar seminggu yang lalu ini, baru kini saya angkat menjadi tulisan. Karena pernah tinggal 3 tahun di Singapura dan sedikit banyak tahu bahwa Jack Neo merupakan salah satu sutradara andalan di sana lewat film-filmnya seperti Just Follow Law, Money No Enough, Ah Long Pte Ltd yang sering mendapatkan pujian dan penghargaan, berita ini cukuplah menggegerkan Negeri Singa itu.

Jack yang selalu tampil sebagai bapak yang baik dari seorang istri dan 4 anak, akhirnya harus menuai perbuatannya sendiri. Adalah Wendy Chong, selingkuhannya yang mendatangi rumah Jack sendiri. Yang banyak dikritik oleh orang-orang Singapura yang mengomentari tindakan Jack ini adalah, mengapa sampai Jack selingkuh dengan seseorang yang kurang cantik dibandingkan istrinya? Dan istrinya sendiri, memperlihatkan ketegaran yang amat luar biasa dan mendapat pujian di sana. Sampai akhirnya istrinya, Mdm Irene Kng, pingsan pada saat konferensi pers yang diselenggarakan dalam Bahasa Mandarin. Intinya adalah memohon media untuk membiarkan permasalahan mereka diselesaikan secara pribadi saja tanpa liputan terlalu lebar.

Susahnya jadi selebriti….

Harus selalu memberikan penjelasan di sana-sini. Saya tentunya tak pernah mendukung perselingkuhan. Apa pun bentuknya, bagaimana pun caranya. Namun, apa pun yang disimpan sedemikian rapi – sebegitu baik- suatu saat akan terbongkar juga. Tiger Woods beberapa waktu yang lalu juga bernasib sama. Harus mengklarifikasi apa yang sudah dilakukannya.

Jack, sebagaimana Tiger, hanyalah manusia biasa. Yang terkadang karena popularitas dan kemudahan serta adanya kesempatan (plus uang), menjadikan seseorang itu lupa. Lupa akan masa lalunya, lupa akan istri yang setia yang menunggu di rumah, lupa akan anak-anaknya yang lucu-lucu. Tak tertutup kemungkinan, ketika kita di posisi yang sama seperti mereka, bisa saja melakukan hal yang serupa. Jadi, ada baiknya untuk tidak menghakimi perbuatan orang lain karena kita tak tahu persis apa yang mereka alami (bukan melegalisasi bahwa selingkuh itu boleh dilakukan, namun kita tak perlu membombardir dengan penghakiman keterlaluan, itu saja).

Lupa atau terlanjur melupakan untuk sementara waktu dan berpikir ‘tokh’ Sang Istri tak tahu. Malah pada akhirnya, Sang Istrilah yang menunjukkan ketegaran luar biasa. Setidaknya yang selama ini terlihat betapa tulusnya dia membela suaminya (walaupun beberapa komentar di Yahoo Singapura juga mencurigai bahwa itu adalah ulah Sang Sutradara untuk menutupi belangnya dan meminta Sang Istri berperan sebagai artis utama untuk membersihkan namanya).

Hari-hari belakangan ini, seolah ‘gossip no enough’ yang memenuhi hidup Jack. Namun, aku berharap, suatu ketika… ‘Gossip’ itu akan berhenti menerpanya karena memang dia melakukan perubahan tulus dari dalam hatinya.


Hati orang, kita memang tak pernah tahu. Tapi setidaknya adanya niat baik, sudahlah cukup. Kalau orang biasa yang selingkuh dan kebetulan dia bukan ‘public figure’, mungkin tak akan disidang seramai ini. Dan lagi-lagi, memang perselingkuhan sering jadi masalah utama rumah tangga. Sedih, prihatin, namun memang tak mudah mempertahankan cinta di dunia ini. Rumput tetangga kelihatan lebih hijau, istri tetangga kelihatan lebih cantik, suami orang kelihatan lebih ganteng dan baik, dst.

Menjadi puas dengan apa yang kita miliki, memang tak mudah. Dan terkadang puas diidentikkan dengan tak mau berusaha memperbaiki diri. Itu juga bukan yang seharusnya dilakukan. Bersyukur untuk suami/istri yang kita miliki. Itulah yang terbaik yang bisa kita punyai. Anugerah terbesar dari Tuhan itu mungkin tak selalu sesuai dengan kita, mungkin sering cekcok atau ribut mulut dengan kita, tetapi kita pun harus pandai-pandai melihat situasi dan kondisi untuk mempertahankan perkawinan dalam zaman yang kata orang semakin edan ini.

Pada akhirnya, kita berusaha dan hendaknya berdoa. Menyerahkan segalanya pada Tuhan, karena jujur, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Namun, bersama Dia kita yakini ada kekuatan baru dalam segala hal: termasuk mempertahankan pernikahan.

Jack, semoga niatmu betul-betul tulus untuk memulihkan kasih yang retak di keluargamu. Dan bagi kita, kita bisa belajar sesuatu hari ini. Semoga suatu saat kalau kita terkenal, sukses, kaya-raya, kita tidak tergoyahkan cintanya pada pasangan kita. Walaupun banyak bujuk rayu menerpa, walaupun banyak godaan yang lebih aduhai, semoga kita tetap setia pada janji kita. Pada janji yang kita ucapkan di hadapan Tuhan untuk saling setia. Semoga!

HCMC, 15 Maret 2010

-fon-


Sumber gambar:
http://blog.omy.sg/jackneo/files/2008/05/jack81.jpg

No comments:

Post a Comment