Wednesday, March 17, 2010

Pamrih



Ih, gw paling sebel deh ama tuh orang. Selalu pamrih. Kalo ada untungnya buat dia, dia lakuin. Cepet-cepet. Kalo nggak, dia sembunyi, lari di sudut terpencil, gak mau kena giliran bantuin orang. MENYEBALKAN.

Dulu waktu minta tolong sama aku, dia baiknya setengah mati. Setelah ditolongin sepenuh hati dan berbalik aku yang perlu pertolongan, dia koq jadinya cuek setengah mati ya? Kesel deh. Baik cuma pas ada maunya, baik cuma pas ada perlunya. Kalo gak, hitung-hitungan setengah mati. Kalo pergi makan bareng, bagi dua sampe yang sekecil-kecilnya. Biarpun lima ratus perak juga dihitung. Lima ratus ‘kan duit juga, bukan? Begitu katanya.

Hal-hal itu mungkin pernah kita ungkapkan sebagai tanda kekesalan kita, karena orang yang kita bantu tak memberikan balasan yang baik, malah lari tunggang langgang ketika dibutuhkan. Untungnya saya pernah bertemu dengan orang-orang yang bertangan terbuka -amat lebar- dalam memberikan pertolongan. Sehingga, saya tidak terlalu kecewa berat (kecewa ringan ya, pernahlah), ketika menemui orang-orang semacam ini. Memang menyebalkan, mengesalkan, bahkan mengecewakan.

Dengan berusaha menjadi orang yang lebih baik tiap hari, saya berusaha menolong orang kapan pun dibutuhkan. Semampu saya tentunya, karena saya juga punya keterbatasan seperti manusia pada umumnya. Saya bukan super hero yang selalu mampu menolong siapa saja, kapan saja, di mana saja, tetapi saya berusaha menjadi orang yang tanpa pamrih dalam menolong.

Namun, ketika saya dihadapkan pada kenyataan bahwa orang yang pernah saya tolong ternyata berbalik menjadi orang yang tak peduli ketika saya butuhkan, ternyata hati saya juga teriak: “ Eh, dulu kan gw tolongin elo, kenapa elo sekarang kayak gini sih ama gw? Pantes gak kayak gitu, tuh?”

Ternyata dari dalam hati saya masih menuntut juga. Menuntut balas jasa terhadap apa yang sudah saya lakukan dengan sungguh dan baik. Sulit rasanya menerima apa yang saya tabur dengan baik, ternyata tuaiannya tidak sebaik perkiraan saya.

Saya hanya bisa menghela nafas. Garuk-garuk kepala. Sambil berpikir:

Yaelah, ternyata elo sendiri pamrih juga ya! Katanya menolong dengan tulus dan tanpa pamrih? Koq malah begini? Koq marah dan kecewa pas orang yang bersangkutan gak peduli? Bukannya tanpa pamrih itu harus nrimo, apa pun yang akan dilakukan orang yang sudah kita bantu? Itu baru namanya tanpa pamrih, nggak berharap terlalu banyak. Kalo cuma segitu mah, masih jauhlah dari tanpa pamrih!”

Plakkk…
Seolah diri saya tertampar oleh kata hati saya sendiri. Tanpa pamrih? Mengharapkan orang tanpa pamrih?

Berpikir bahwa saya sudah tanpa pamrih?

Duh, ternyata saya masih harus banyak belajar soal pamrih dan tanpa pamrih…

Boro-boro mau menunjuk orang lain, wong sendirinya saja belum becusss

Hahaha
Saya hanya tertawa lebar. Memang, kita semua masih harus belajar.
KITA?
Ya, iya donk… Termasuk saya juga.

Kalo Anda sudah tanpa pamrih, selamat! Anda berhak dapat bintang penghargaan. Jangan seperti saya (yang ternyata) masih berpamrih jugaaaa…

Jadi malu nih. *Blushing*

Hari ini, mau belajar lagi ah, lebih tanpa pamrih.
Mudah-mudahan, ada perbaikan…

Nggak berani ngaku-ngaku sudah bisa tanpa pamrih 100% deh. Malu!:)

HCMC, 18 Maret 2010

-fon-

* buat refleksi pribadi, biar nggak ngaku-ngaku sudah jadi orang tanpa pamrih. Masih jauh dan masih harus banyak belajar:)


Sumber gambar:

4 comments:

  1. wow... kesindir nih gue, yg selalu bw jargon nothing to lose ternyata jauh di lubuk hati gue gue masih nuntut...

    ReplyDelete
  2. Halo d,
    sama donk, aku juga mengalami bahwa yang gw pikir gw gak bakal permasalahin, gak taunya jadi keliatan gw juga sedikit banyak masih nuntut:)
    Memang kita masih harus banyak belajar ya:)

    ReplyDelete
  3. Hai Fon lam kenal..
    tulisanmu bagus.. buat aku pribadi jd tertegur.. mungkin ga selalu kita nuntut balas dr orang yg kita tolong tp itupun bukan bearti ga ada tuntutan, aku pribadi kadang nuntutnya jd ke Tuhan..kadang2 aku ingin di 'lihat' sm Dia..ingin perbuatan aku tuh di 'perhitungkan'.. iya ga sih?

    ReplyDelete
  4. Halo Edward,
    Lam kenal kembali. Senang dapat temen baru...:)
    Mungkin juga begitu:) Jadi pamrihnya ke Tuhan ya (dialihkan begitu). Aku rasa sih, mungkin juga. Mungkin karena kita berpikir karma, ato tabur tuai, naburnya baik seharusnya hasilnya baik. Padahal belum tentu... :)
    Sekali lagi: mareee sama2 belajar:)

    ReplyDelete